Penulis Utama : Ika Wahyuningsih
NIM / NIP : K6414030
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kemampuan siswa dalam mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan sikap menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D SMP Negeri 4 Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 64 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes dan angket sikap. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi sederhana.
Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan siswa dalam mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan sikap menghargai
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta. Adanya hubungan antara variabel X dengan variabel Y diperoleh dengan menguji koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product
moment dengan hasil rhitung  = 0,889 > rtabel  = 0,244. Makna hubungan variabel X
dengan variabel Y signifikan diuji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung =
15,28 > ttabel = 1,67.

×
Penulis Utama : Ika Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414030
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Kemampuan Siswa dalam Mengidentifikasi Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka dengan Sikap Menghargai Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (Studi Kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6414030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd.
2. Drs. Machmud Al Rasyid S.H., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.