Penulis Utama : Martha Yuliana Agustiningsih
NIM / NIP : K6413040
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap sikap toleransi siswa pada kompetensi dasar menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di SMP Negeri 1 Polokarto Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen yang menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto dengan jumlah murid keseluruhan 286 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dipilih dua kelompok sampel yaitu kelas VII H sebagai kelas kontrol dan kelas VII I sebagai kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen, metode observasi, dan angket. Analisis dokumen digunakan untuk memperoleh data tentang kesesuaian RPP kelas eksperimen dengan langkah-langkah model pembelajaran konsiderasi. Metode observasi digunakan sebagai data penunjang untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran konsiderasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai sikap toleransi siswa pada kompetensi dasar menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Uji persyaratan analisis dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, adapun pengujian hipotesis menggunakan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap sikap toleransi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto pada kompetensi dasar menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t_hitung sebesar 8,87 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n_(1 ) + n_(2 )– 2 ( 30+30-2 = 58), sehingga diperoleh t_tabel  sebesar 2,002  (interpolasi). Maka t_hitung > t_tabel atau 8,87 > 2,002 dan skor rata-rata angket sikap toleransi kelas eksperimen sebesar 120, 833 dan kelas kontrol sebesar 104,67. Apabila dikonversi ke dalam skala 0-100 maka rata-rata sikap toleransi siswa kelas eksperimen sebesar 88,84 dan kelas kontrol sebesar 76,96. Hal ini berarti kelas yang menerapkan model pembelajaran konsiderasi hasilnya lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci: pengaruh model konsiderasi, sikap toleransi

 

 

×
Penulis Utama : Martha Yuliana Agustiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413040
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Toleransi Siswa Pada Kompetensi Dasar Menghargai Keberagaman Suku, Agama, Ras, Dan Antargolongan Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polokarto Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Jurusan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, K6413040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H, M.Hum.,
2. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.