Penulis Utama : Riska Anggraini Saputri
NIM / NIP : K6413062
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan penguasaan kompetensi dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining siswa kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak 80 peserta didik, 40 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan 40 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan tes objektif. Ketetapan dan kesahihan untuk tes penguasaan kompetensi dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika digunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Pengujian validitas digunakan rumus korelasi products momen dari Pearson dan reliabilitasnya digunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji T.Test.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana penguasaan kompetensi dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang diukur dengan menggunakan tes didapat hasil rata-rata kelas ekperimen sebesar 85,4 dan kelas kontrol sebesar 81,2. Setelah itu berdasarkan hasil uji T. Test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai nilai ????????????????????????? sebesar 2,924 sedangkan untuk ???????????????????????? sebesar 1,99085 (interpolasi), sehingga hasil yang diperoleh adalah ????????????????????????? (2,924) > ???????????????????????? (1,99085). Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat perbedaan signifikan pada penguasaan kompetensi dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ipoleksosbudhankam dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan tanpa menggunakan model pada siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Student facilitator and explaining, Penguasaan kompetensi dasar menganalisis

 

×
Penulis Utama : Riska Anggraini Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413062
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan penguasaan kompetensi dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Studi pada siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413062-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd, M.Sc.
2. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.