Penulis Utama : Aprilia Ningsih
NIM / NIP : K6412008
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran go to your post terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi satu prediktor.
Berdasarkan analisis data diperoleh besar nilai rxy= 0,578. Hasil tersebut dikonsultasikan pada nilai rtabel dengan N= 30 dan taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel 0,361. Hasil analisis menunjukkan bahwa rhitung (0,578) > rtabel (0,361), sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran go to your post (X) terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (Y) kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016.
Adapun sumbangan pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 33,4% artinya bahwa 33,4% keaktifan siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran go to your post sedangkan 66,6% dipengaruhi oleh faktor lain baik faktor eksternal maupun faktor internal. Adapun persamaan garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan
= 19,81+1,38 X yang menggambarkan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel model pembelajaran go to your post (X) akan diikuti kenaikan variabel keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (Y) sebesar kemiringan gradien garis regresi 1,38. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran go to your post terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas X SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016.


Kata kunci: Model pembelajaran, go to your post, keaktifan siswa.

×
Penulis Utama : Aprilia Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412008
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Go To Your Post Terhadap Keaktifan Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Dalam Lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi Eksperimen Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP. Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6412008 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, S.H, M.H, M.Pd.
2. Muh. Hendri Nuryadi, S.Pd, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.