Penulis Utama : Ani Nurwijayanti
NIM / NIP : S851608041
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan dan menghasilkan media geometri bangun ruang sisi lengkung berupa ispring suite 8dengan berbantuan program Google SketchUp yang valid dan praktis; 2) mengetahui efektifitas produk media yang dikembangkan terhadap keterampilan dasar geometri; 3) mengetahui manakah yang memiliki hasil belajar lebih baik antara penggunaan media pembelajaran interaktif ispring suite 8 berbantuan program Google SketchUp dengan pembelajaran menggunakan media yang telah ada sebelumnya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denganmenggunakan tahapan menurut Budiyono (2017). Keempat tahapan tersebut meliputi studi pendahuluan, pengembangan produk, pengujian keampuhan produk, serta diseminasi dan implementasi produk. Tahapan tersebut dikenakan pada tiga sekolah yang berbeda di Kabupaten Karanganyar dengan pemilihan sekolah secara stratified cluster random sampling. Tiga sekolah tersebut diambil delapan kelas untuk kepentingan uji coba. Masing-masing uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan media setelah sebelumnya dilakukan penilaian oleh ahli menggunakan lembar validasi. Penilaian kepraktisan dilakukan melalui angket oleh pengguna (guru dan siswa), penilaian keefektifan dilakukan melaluites before-after, serta uji keampuhan.Tingkat kevalidan media diketahui melalui hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi, tingkat kepraktisan diketahui melalui analisis penilaian hasil angket oleh pengguna dan tingkat keefektifan diketahui melalui hasil tesbefore-after.
Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu: 1) media pembelajaran geometri berupa ispring suite 8berbantuan program Google SketchUpvalid berdasar penilaian validasi ahli dan praktis berdasar penilaian guru dan siswa sebagai pengguna pada saat proses uji coba produk; 2) hasil rerata tes before-after dan hasil analisis keterampilan dasar geometri, media yang telah dikembangkan efektif untuk digunakan; 3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh kesimpulan bahwahasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif ispring suite 8berbantuan program Google SketchUp lebih baik dari hasil belajar menggunakan media yang telah ada sebelumnya.

Kata kunci: Media Pembelajaran Geometri, Ispring Suite 8, Google SketchUp

 

×
Penulis Utama : Ani Nurwijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608041
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Suite 8 Berbantuan Program Google Sketchup pada Materi Geometri SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - fkip - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pend. Matematika- S851608041-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.