Penulis Utama : Susilo Wati
NIM / NIP : S851608034
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa Kelas VIII SMPIT Insan Kamil Karanganyar yang memiliki efikasi diri tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik snowball sampling. Subjek penelitian adalah enam orang siswa kelas VIII SMPIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu dua siswa yang memiliki efikasi diri tinggi, dua siswa yang memiliki efikasi diri sedang, dan dua siswa yang memiliki efikasi diri rendah. Data penelitian ini berupa kesulitan siswa dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya dan jenis kesulitan siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai insrumen utama, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara sebegai instrumen bantu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki efikasi diri tinggi tidak mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya. Siswa yang memiliki efikasi diri sedang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya yaitu pada langkah membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Jenis kesulitan yang menjadi faktor penyebab kesulitan siswa yang memiliki efikasi diri sedang dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya adalah kesulitan konsep dan kesulitan prinsip. Siswa yang memiliki efikasi diri rendah mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya yaitu pada langkah memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Jenis kesulitan yang menjadi faktor penyebab kesulitan siswa yang memiliki efikasi diri rendah dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya adalah kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Dapat disimpulkan bahwa siswa dengan tingkat efikasi diri yang berbeda memiliki kesulitan dan faktor penyebab kesulitan yang berbeda dalam memecahkan masalah persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya.

×
Penulis Utama : Susilo Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608034
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMPIT Insan Kamil Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851608034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Laila Fitriana, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.