Penulis Utama : Laurensia Lantis Dharmastuti
NIM / NIP : D1216035
×

Humas pemerintah merupakan ujung tombak pemerintah dalam menyampaikan program  dan  kinerja pemerintah.  Humas  sangat  membutuhkan wartawan dan media untuk mempublikasikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat, oleh sebab itu, humas perlu menjalin hubungan baik dengan media. Media relations merupakan salah satu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk kepuasan dan ketidakpuasan wartawan yang bertugas di ruang Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta. Dalam menjalankan layanan media relations, Humas Pemerintah Kota Surakarta memberikan layanan kepada wartawan sesuai dengan maklumat pelayanan informasi publik yang telah ditetapkan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui wawancara secara mendalam terhadap 13 wartawan Loka Warta bidang liputan Pemerintah Kota Surakarta dan 2 Humas Pemerintah Kota Surakarta. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifiying conclusions).

Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa terdapat kebutuhan- kebutuhan wartawan yang sudah dipenuhi oleh Humas Pemerintah Kota Surakarta sebagai faktor-faktor dalam pembentuk kepuasan wartawan dan kebutuhan- kebutuhan wartawan yang belum dipenuhi oleh Humas Pemerintah Kota Surakarta sebagai faktor-faktor dalam pembentuk ketidakpuasan wartawan.

Kesimpulan dalam penelitian ini, faktor-faktor dalam pembentuk kepuasan wartawan Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta antara lain kepuasan wartawan terhadap ketersediaan ruang Loka Warta, fasilitas di ruang Loka Warta, kegiatan press gathering, kegiatan press tour, dan seterusnya. Sedangkan faktor-faktor dalam pembentuk ketidakpuasan wartawan Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta adalah ketidakpuasan wartawan terhadap peran humas sebagai juru bicara pemerintahan, kegiatan press conference, press release pada saat press conference, kecepatan respon permintaan informasi, dan seterusnya

 

×
Penulis Utama : Laurensia Lantis Dharmastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216035
Tahun : 2019
Judul : Studi Kualitatif Faktor Kepuasan Dan Ketidakpuasan Wartawan Yang Bertugas Di Ruang Loka Warta Terhadap Layanan Media Relations Humas Pemerintah Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D 1216035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si
2. Deniawan Tommy Chandra Wijaya, S.Sos., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.