Penulis Utama : Arfi’ Rosyidah
NIM / NIP : F021401
×

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan masyarakat Kota Solo, menguji pengaruh langsung faktor demografis sosio-ekonomi pada partisipasi penggunaan asuransi, pengaruh literasi keuangan pada partisipasi penggunaan asuransi, dan pengaruh tidak langsung faktor demografis sosio-ekonomi pada partisipasi penggunaan asuransi melalui variabel mediasi literasi keuangan. Yang termasuk faktor demografis sosio-ekonomi adalah jenis kelamin, status perkawinan, usia, tingkat pendidikan, dan pendapatan per bulan.
Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian dilakukan dengan pemberian kuesioner pada 162 sampel responden di Kota Solo. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan regresi linear dan regresi logistik serta analisis jalur (path analysis) untuk menguji pengaruh mediasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Kota Solo masih tergolong rendah yaitu sebesar 50,18% dan tingkat partisipasi penggunaan asuransi masyarakat Kota Solo sebesar 39,5%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, hanya variabel tingkat pendidikan dan pendapatan per bulan yang berpengaruh pada partisipasi penggunaan asuransi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi literasi keuangan. Sedangkan jenis kelamin, status perkawinan, dan usia tidak memiliki pengaruh pada partisipasi penggunaan asuransi baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan secara parsial, literasi keuangan berpengaruh positif signifikan pada partisipasi penggunaan asuransi. Pengaruh mediasi variabel literasi keuangan dalam memediasi pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan per bulan pada partisipasi pengunaan asuransi termasuk dalam mediasi parsial.
Kata kunci : demografis sosio-ekonomi, literasi keuangan, asuransi, perencanaan keuangan

 

×
Penulis Utama : Arfi’ Rosyidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F021401
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Faktor Demografis Sosio-Ekonomi dan Literasi Keuangan pada Partisipasi Penggunaan Asuransi (Studi pada Masyarakat Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Manajemen- F0214018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Setyowati, S.E, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.