Penulis Utama : Oktaviani Ikasari
NIM / NIP : D1214061
×

Cantik adalah sebuah kata yang tidak lepas dari perempuan. Cantik bersifat relatif, dan juga individual. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, kini gambaran nilai kecantikan perempeuan sudah banyak dibentuk oleh media yang kemudian menjadi referensi bagi kehidupan perempuan. Hal ini disebabkan adanya standar-standar tertentu yang diciptakan sebagian besar oleh media, baik media cetak, elektronik, maupun media online. Salah satu media online yang ikut mengkonstruksi kecantikan perempuan adalah YouTube, melalui vlog dari beauty vlogger. Penelitian ini untuk mengetahui representasi kecantikan pada video “The Power of MAKEUP!” beauty vlogger YouTube NikkieTutorials.
Jenis penelitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Teknik analisis data ini menggunakan teknik semiotika dari Roland Barthes, yaitu untuk mengetahui makna denotasi, konotasi serta mitos yang terkandung dalam video beauty vlogger “The Power of MAKEUP!”. Dari analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui tanda kecantikan masih berpusat pada penampilan fisik wajah yaitu wajah yang mulus tanpa cacat, alis yang tebal dan rapi, kelopak mata yang besar dan berwarna, bulu mata lentik dan tebal, pipi tirus merah merona, dan bibir berwarna cerah, berisi, dan tidak pucat.

×
Penulis Utama : Oktaviani Ikasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214061
Tahun : 2018
Judul : Representasi Kecantikan pada Video Youtube Beauty Vlogger “The Power of Makeup!” (Analisis Semotika pada Video “The Power of MAKEUP!” dalam Akun Beauty Vlogger YouTube Nikkie Tutorials)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1214061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.