Penulis Utama : Arum Kusuma Rini
NIM / NIP : S021602007
×

ABSTRAK

Arum Kusuma Rini. S021602007. Analisis Multilevel Faktor Terkait dengan Overweight/ Obesitas di Kalangan Anak Sekolaj Dasar Di Surakarta. Tesis. Pembimbing I: Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., MPD. Pembimbing II: Prof Bisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D. Program Studi Masyarakat Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta

Latar Belakang: Obesitas pada masa kanak-kanak mengalami peningkatan di seluruh   dunia   dan   perlunya   mendapatkan   perhatian   dalam   pengobatan. Peningkatan angka kematian dan kesakitan risiko obesitas disebabkan berbagai penyakit   seperti   tipe   II   diabetes   mellitus,   kardiovaskular,   ortopedi,   dan pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor terkait dengan Overweight dan obesitas dikalangan anak Sekolah Dasar di Kota Surakarta menggunakan analisis multilevel.
Subjek dan Metode: Jenis penelitian ini adalah studi penelitian analitik observasional dengan pendekatan Kasus kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2018 – April 2018. Sampel dipilih secara fixed disease sampling kasus sebanyak 75 subjek dan control sebesar 150 subjek, di 25 Sekolah Dasar, menggunakan perbandingan 1:2 antara kelompok kasus dan kontrol. Variabel dependen adalah Obesitas. Variabel independen adalah pendidikan ibu, IMT ibu, aktivitas  fisik,  pendapatan  keluarga  dan  lingkungan  Sekolah.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi logistik multilevel pada stata 13.
Hasil: Indeks Massa Tubuh ibu (b= 0.11; 95% CI= 0.04 sampai 0.18; p= 0.002), aktivitas fisik (b= -0.03; 95% CI= -0.05 sampai -0.01; p= 0.009) dan pendapatan keluarga (b= 0.04; 95% CI= 0.02 sampai 0.06; p< 0.001) mempunyai pengaruh secara statistik signifikan terhadap obesitas pada anak Sekolah Dasar. Analisis pada level lingkungan sekolah menunjukkan tidak ada efek kontekstual terhadap obesitas dengan korelasi intra-kelas (ICC) = 5%.
Kesimpulan:  Obesitas  anak  secara  langsung  dipengaruhi  oleh  Indeks  Massa Tubuh  ibu  yang  ≥  25  maka  akan  meningkatkan  risiko  overweight/obesitas, aktivitas fisik yang tinggi akan menurunkan risiko terjadinya overweight/obesitas, dan pendapatan keluarga yang tinggi akan meningkatkan risiko terjadinya overweight/obesitas, serta tidak ada pengaruh kontekstual lingkungan sekolah dalam menurunkan obesitas pada anak Sekolah Dasar.

Kata Kunci : Obesitas, analisis multilevel, IMT ibu , aktivitas fisik, pendapatan keluarga.

×
Penulis Utama : Arum Kusuma Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021602007
Tahun : 2018
Judul : Analisis Multilevel pada Faktor yang Memengaruhi Overweight/Obesitas di Kalangan Anak Sekolah Dasar di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS_Pascasarjana Prog. Kesehatan Masyarakat-S021602007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., MPD
2. Prof Bisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.