Penulis Utama : Anindita Rahmadiani
NIM / NIP : G0114020
×

ABSTRAK

Perusahaan harus bekerja secara efektif memaksimalkan sumber daya manusia yang dimiliki untuk tetap dapat unggul dalam persaingan bisnis. Namun pada nyatanya, masih banyak terdapat masalah pelanggaran kedisiplinan kerja yang menghambat kemajuan perusahaan. Untuk memaksimalkan disiplin kerja, ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah motivasi kerja dan gaya kepemimpinan partisipatif.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan partisipatif dan motivasi kerja dengan disiplin kerja pada karyawan di PT. Yusan Nindyakarsa, (2) Mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan partisipatif dengan disiplin kerja pada karyawan di PT. Yusan Nindyakarsa, (3) Mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan disiplin kerja pada karyawan di PT. Yusan Nindyakarsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. Yusan Nindyakarsa. Penelitian ini menggunakan studi populasi, sehingga seluruh populasi menjadi responden dan ditemukan sejumlah 73 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala disiplin kerja, gaya kepemimpinan partisipatif, dan motivasi kerja. 

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif dan motivasi kerja dengan disiplin kerja yang diuji dengan teknik regresi linier berganda dengan hasil nilai p=0,003 (p < 0,05) dan nilai R = 0,372, sehingga termasuk kategori hubungan yang rendah. Hasil uji korelasi parsial menunjukkan gaya kepemimpinan partisipatif dengan disiplin kerja memiliki hubungan signifikan dengan p=0,024 (p > 0,05; rx1y=0,265), sementara motivasi kerja dengan disiplin kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan p=0,022 (p < 0,05; rx2y = 0,269). Total sumbangan kedua variabel sebesar 13,8% dengan 3,204% untuk  gaya kepemimpinan partisipatif dan 12,995% untuk motivasi kerja..
 
Kata kunci: gaya kepemimpinan partisipatif, motivasi kerja, disiplin kerja

×
Penulis Utama : Anindita Rahmadiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0114020
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Motivasi Kerja dengan Disiplin Kerja pada Karyawan di PT. Yusan Nindyakarsa, Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Prog. Studi Psikologi-G0114020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bagus Wicaksono,
2. Aditya Nanda Priyatama, S.Psi., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.