Penulis Utama : Fitra Nuralifa Sutejo
NIM / NIP : E0014165
×

ABSTRAK

Fitra Nuralifa Sutejo, E0014165. 2018. KAJIAN YURIDIS PENGUASAAN DAN PENGUSAHAAN TANAH PASANG SURUT DI WADUK GAJAH MUNGKUR KABUPATEN WONOGIRI. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penguasaan dan pengusahaan tanah pasang surut di kawasan Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri. Tanah tersebut merupakan tanah milik PT. Perum Jasa Tirta 1 yang bertindak selaku pengelola Waduk Gajah Mungkur dan kemudian dikelola oleh warga setempat selaku petani penggarap.
    Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dan penelitian ini bersifat deskriptif. Jenis dan sumber penelitian yang digunakan yaitu bahan hukum primer, dan bahan hukum sekunder. Teknik pnegumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan wawancara secara langsung dengan para penggarap tanah pasang surut.
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan, pertama, Penguasaan tanah pasang surut di Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri dalam pelaksanaannya menggunakan sistem sewa tanah pertanian. Penguasaan tanah pasang surut dilakukan dan didasari dengan perjanjian sewa secara lisan antara pihak pemilik tanah yaitu PT. Perum Jasa Tirta 1 dengan para petani. Kedua, Pengusahaan tanah pasang surut dibudidayakan oleh masyarakat dengan menanam tanaman pangan seperti : padi, jagung, ketela pohon, kacang tanah, kedelai, singkong, kentang dan ubi-ubian.

Kata kunci : penguasaan tanah, pengusahaan tanah, tanah pasang surut

 

×
Penulis Utama : Fitra Nuralifa Sutejo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014165
Tahun : 2018
Judul : Kajian Yuridis Penguasaan dan Pengusahaan Tanah Pasang Surut di Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS_F Hukum-Prodi Hukum-E0014165 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.