Penulis Utama : Aji Kurniawan
NIM / NIP : D1615002
×

Abstrak

Kuliah   Kerja   Media   (KKM).   KKM   mempunyai   arti  penting   bagi mahasiswa dalam pengembangan skill sebagai persiapan memasuki dunia kerja. KKM sebagai media implementasi penerapan materi yang didapat selama perkuliahan serta mengenal dan mempelajari pekerjaan yang berkaitan dengan Public Relations. Penulis Memilih PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (Waskita) sebagai tempat Pelaksanaan KKM. Waskita merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi. Namun beberapa bulan terakhir publik dikejutkan dengan serangkaian kecelakaan kerja pada proyek garapan Waskita.  Hal ini membuat penulis tertarik untuk mempelajari bagaimana manajemen krisis yang dibangun dalam menghadapi krisis kecelakaan kerja. KKM dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak 1 Februari 2018 sampai 30 April 2018. Selama pelaksanaan KKM penulis ditempatkan di Sekretariat Perusahaan bagian Humas dan CSR.

Peran Humas Waskita diperlukan dalam mensupervisi implementasi manajemen krisis agar berjalan efektif. Humas membangun perspektif baru pada manajemen tentang  bagaimana  berkomunikasi  dengan publik.  Humas  Waskita mendorong penyediaan saluran komunikasi yang memungkinkan berbagai pihak yang  terlibat  menyampaikan  “suaranya” dalam  proses pengambilan keputusan yang mengakomodasikan berbagai kepentingan. Strategi Humas Waskita dalam merespon krisis  menunjukkan bagaimana sikap  yang  diambil oleh perusahaan pada saat krisis sedang berlangsung, sehingga posisi Humas dalam manajemen krisis bisa diibaratkan sebagai ujung tombak. Posisi Humas Waskita yang berada dibawah komando langsung dari Direktur Utama semakin memperkuat posisinya.

Dalam pelaksanaan strategi manajemen krisis, Humas Waskita memiliki berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai upaya penanggulangan krisis. Kegiatan yang dijalankan adalah mengadakan Press Confrence, membuat Press Release, mengadakan kegiatan Media Relations Clinic (MRC), pemberian santunan bagi para korban kecelakaan, serta melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai upaya memperbaiki citra perusahaan secara perlahan. Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka manajemen krisis kecelakaan kerja di lingkungan Waskita sudah berjalan dengan baik. Dibutuhkan sosok Humas yang memiliki mental kuat, agar seluruh strategi manajemen krisis dapat dijalankan sesuai dengan rencana.

Kata Kunci : PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Manajemen Krisis, Kecelakaan Kerja.

 

×
Penulis Utama : Aji Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615002
Tahun : 2018
Judul : Peran Humas dalam Manajemen Krisis Kecelakaan Kerja di PT Waskita Karya (Persero) TBK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Masyarakat-D1615002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anggita Sari Pramiardani S.S M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.