Penulis Utama : Indah Maylarini
NIM / NIP : R0214047
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan gangguan yang disebabkan karena tertekannya saraf medianus dalam terowongan karpal pada pergelangan tangan yang ditandai oleh gejala rasa kesemutan, nyeri, kebas pada jari-jari dan tangan di pergelangan tangan yang dapat disebabkan oleh gerakan berulang dan gerakan fleksi yang ekstrim. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa pekerja pengguntingan rokok melakukan pengulangan gerakan dalam waktu yang lama dengan posisi gerakan fleksi yang berlebihan. Pemeriksaan yang dilakukan oleh fisioterapis menggunakan test phallens menemukan hasil 9 pekerja yang positif terkena Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dari 15 pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gerakan berulang dan gerakan fleksi dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 31 orang  dan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemeriksaan responden dengan tes phalen, lembar isian data berupa umur dan masa kerja, hasil pengukuran sudut gerakan fleksi menggunakan goniometer. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi Somers.
Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara gerakan berulang dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) (p-value:0,403). Terdapat hubungan variabel gerakan fleksi tangan kanan (p-value: 0,007) dan gerakan fleksi tangan kiri (p-value:0,004) terhadap Carpal Tunnel Syndrome (CTS).
Simpulan: Terdapat hubungan antara gerakan fleksi pekerja dengan Carpal Tunnel Syndrome namun tidak ada hubungan antara gerakan berulang dengan Carpal Tunnel Syndrome pada pekerja pengguntingan rokok Gama Karanganyar.

Kata Kunci : Carpal Tunnel Syndrome (CTS), Gerakan Berulang, Gerakan Fleksi, Pekerja Pengguntingan Rokok 1Mahasiswa D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran 2,3Dosen D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran

×
Penulis Utama : Indah Maylarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214047
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Gerakan Berulang dan Gerakan Fleksi Dengan Carpal Tunnel Syndrome pada Pekerja Pengguntingan Rokok Perusahaan Gama Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214047-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.K.M.,M.Kes.
2. Seviana Rinawati, S.Si.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.