Penulis Utama : Dewi Retnosari
NIM / NIP : R0215027
×

Abstrak

Latar Belakang : Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan salah satu penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh gerakan berulang pada jangka waktu yang lama yang menyebabkan tertekannya saraf median di pergelangan tangan sehingga menimbulkan terjadinya parastesia, mati rasa dan kelemahan otot ditangan. Salah satu penyebab munculnya CTS adalah gerakan berulang yang dilakukan lebih dari 10 kali permenit. PT. Rokok Gama merupakan industri pembuatan rokok kretek. Pada pekerjaan pelintingan rokok, pekerja mengalami gerakan berulang pada pergelangan tangan lebih dari 10 kali permenit. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gerakan berulang dengan keluhan carpal tunnel syndrome pada pekerja bagian pelintingan PT. Rokok Gama, Karanganyar.

Metode : Penelitian  ini menggunakan  jenis penelitian  observasional  analitik dengan  desain  cross  sectional. Subjek  penelitiannya adalah tenaga kerja wanita bagian  pelintingan  yang  berjumlah  41  orang  yang  telah dikarakteristikkan dengan pengambilan   usia  responden  dibawah  45  tahun, indeks  masa tubuh normal,  tidak hamil dan tidak memiliki  riwayat  penyakit degenerative,   dengan   teknik   sampling   yang  digunakan   adalah   purposive sampling. Uji statistik yang digunakan yaitu korelasi pearson.

Hasil : Hasil uji statistik hubungan  gerakan berulang  dengan keluhan carpal tunnel syndrome menunjukkan nilai p value = 0,000 dan korelasi r 0.907. Simpulan  dari  penelitian  ini,  ada  hubungan  sangat  signifikan   dan  tingkat hubungan yang  sangat kuat serta arah korelasi r positif.

Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna dan hubungan yang positif antara gerakan berulang dengan keluhan carpal tunnel syndrome.

Kata Kunci : Gerakan Berulang, Carpal Tunnel Syndrome

×
Penulis Utama : Dewi Retnosari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215027
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Gerakan Berulang dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Pekerja Bagian Pelintingan PT. Rokok Gama, Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215027-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Haryati, Dra., M.Kes.
2. Iwan Suryadi, SKM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.