Penulis Utama : Maulida Sari
NIM / NIP : R0215066
×

Abstrak

Latar Belakang : Carpal Tunnel Syndrome (CTS) termasuk ke dalam salah satu jenis Cumulative Trauma Disorders (CTDs), merupakan gangguan umum yang berhubungan dengan pekerjaan, timbul akibat nervus medianus tertekan di dalam carpal tunnel (terowongan karpal) pergelangan tangan. Penelitian pada pekerja pemetik melati di Desa Karangcengis, Purbalingga menunjukkan hasil bahwa kejadian Carpal Tunnel Syndrome sebesar 47,2%. Salah satu penyebab munculnya keluhan Carpal Tunnel Syndrome merupakan penggunaan tangan secara repetitif dan berlebihan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh repetitive movement  terhadap  keluhan  carpal  tunnel  syndrome  pada pergelangan  tangan pekerja pemetih teh.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Sampel yang diambil sejumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menghitung jumlah gerakan berulang/menit untuk menghitung repetitive movement dan kuisioner untuk mengukur keluhan carpal tunnel syndrome. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keluhan carpal tunnel syndrome yang dialami oleh pemetik teh sebesar 3.21 (0-5) termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata frekuensi repetitive movement sebanyak 64 kali/menit yang berarti melebihi batas gerakan berulang pada tangan dan pergelangan tangan yang disarankan (30 kali/menit).

Simpulan : Terdapat pengaruh yang positif antara repetitive movement terhadap keluhan carpal tunnel syndrome pada pergelangan tangan pemetik teh di Perkebunan Teh Kemuning Karanganyar.

Kata Kunci : Carpal Tunnel Syndrome, Repetitive Movement

×
Penulis Utama : Maulida Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215066
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Repetitive Movement di Pergelangan Tangan terhadap Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Wanita Pemetik Daun Teh di Perkebunan Teh Kemuning Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215066-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, Dra., M.Si.
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.