Penulis Utama : Indah Safitri
NIM / NIP : E0014204
×

ABSTRAK

Indah Safitri. 2014. E0014204. ANALISA POTENSI PEMBENTUKAN TAMAN NASIONAL GUNUNG LAWU SEBAGAI SUATU KEBIJAKAN DALAM RANGKA PERLINDUNGAN DAN PELESTARIANKAWASAN GUNUNG LAWU. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapat kejelasan apakah prosedur pembentukan taman nasional sudah berorientasi pada prinsip perlindungan dan pelestarian hutan dan untuk mengetahui hal apa yang menjadi dasar rasionalitas pembentukan taman nasional Gunung Lawu.
    Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan pendekatan Undang-Undang (statue approach).Jenis bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penulisan hukum ini adalah studi kepustakaan atau studi dokumen (Library Research) dan wawancara (interview).Teknik analisi bahan hukum yang bersifat deduksi dengan metode silogisme yaitu menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum terhadap permasalahan konkret yang dihadapi.
    Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dasar pertimbangan pembentukan taman nasional dewasa ini bercorak  pandangan biosentrisme dan sudah mengarah pada prinsip perlindungan dan pelestarian hutan secara konsep, namun secara aplikasi menegaskan eksistensi masyarakat sekitar hutan dalam pengelolaan taman nasional yang berujung pada konflik tenurial.Dampaknya regulasi  yang disusun tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kawasan Gunung Lawu memiliki potensi dalam untuk diupayakan menjadi taman nasional.Namun pembentukan taman nasional Gunung Lawu ini tergantung pada semua pihak untuk mengupayakan adanya perlindungan sumber daya alam  hayati dan ekosistemnya  di kawasan Gunung Lawu dan disekitarnya.
Kata Kunci: Pengaturan, Taman Nasional, Gunung Lawu

 

×
Penulis Utama : Indah Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014204
Tahun : 2018
Judul : Analisa Potensi Pembentukan Taman Nasional Gunung Lawu sebagai Suatu Kebijakan dalam rangka Perlindungan dan Pelestarian Kawasan Gunung Lawu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prodi Ilmu Hukum-E0014204 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.