Penulis Utama : Maya Hildawati Ilham
NIM / NIP : E0014258
×

ABSTRAK

Maya Hildawati Ilham. 2018. E0014258. Kajian Atas Asas Peradilan Cepat, Sederhana, dan Biaya Ringan Terhadap Pemenuhan Hak Pencari Keadilan (Studi  Putusan  Mahkamah   Agung  Nomor  246  K/Pid/2017).  Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penulisan ini mengkaji permasalahan mengenai asas peradilan cepat, sederhana, dan biaya ringan memberikan pengaruh terhadap praktik pencarian keadilan dan idealitas asas tersebut agar dapat berlaku efektif dalam penegakan hukum. Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif. Jenis bahan hukum sekunder meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi kepustakaan dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus, instrumen penelitian ini berupa KUHAP, Undang-Undang No 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, dan Putusan MA Nomor 246 K/Pid/2017. Hasil penelitian ini diketahui bahwa asas peradilan  cepat,  sederhana,  dan  biaya  ringan  pada kasus  Putusan  Nomor 246
K/Pid/2017 tidak memberikan pengaruh pencarian keadilan dan idealitas dari asas ini adalah sebagai sebuah rambu di dalam proses penegakan hukum sehingga tidak terjadi penyimpangan asas demi untuk pemenuhan upaya hukum yang dipaksakan oleh penegak hukum.

Kata Kunci: Asas Peradilan Cepat, Pencari Keadilan

 

 

×
Penulis Utama : Maya Hildawati Ilham
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014258
Tahun : 2018
Judul : Kajian atas Asas Peradilan Cepat, Sederhana, dan Biaya Ringan terhadap Pemenuhan Hak Pencari Keadilan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 246 k/pid/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prodi Ilmu Hukum-E0014258-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rustamaji, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.