Penulis Utama : Bayu Aji Ramadhani
NIM / NIP : R0015019
×

ABSTRAK 
Latar Belakang : Kelelahan kerja merupakan salah satu permasalahan yang menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, pada perusahaan perlu diterapkannya manajemen kelelahan kerja untuk mengelola masalah kelelahan kerja agar dapat dikendalikan dan tidak menimbulkan kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor penyebab kelelahan kerja dan penerapan manajemen kelelahan kerja pada kontraktor coal hauling di PT. Tunas Inti Abadi. 
Metode : Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan penjelasan program manajemen kelelahan kerja sebagai suatu data. Data terdiri dari faktor-faktor yang menyebabkan kelelahan kerja serta program manajemen kelelahan kerja yang telah diterapkan. Data kemudian dibahas dan dianalisis dengan teori kelelahan kerja yang ada. 
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelelahan kerja pada perusahaan disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari usia, masa kerja, status gizi, kodisi kesehatan, serta pola hidup dan kebiasaan. Sedangkan faktor internal terdiri dari beban kerja, ergonomi, penerangan, iklim kerja, kebisingan serta getaran mekanis. Pada Kontraktor coal hauling di PT. Tunas Inti Abadi telah menerapkan program manajemen kelelahan kerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di perusahaan. Program manajemen kelelahan kerja yang telah dilakukan meliputi sosialisasi, formulir kesiapan bekerja, sidak fatigue, dan fatigue alarm. 
Simpulan : Kontraktor coal hauling di PT. Tunas Inti Abadi telah menerapkan manajemen kelelahan kerja sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja akibat kelelahan kerja. Namun dalam penerapan program manajemen kelelahan kerja  belum dilakukan secara maksimal. 
Kata Kunci : Faktor-faktor penyebab kelelahan kerja, program manajemen kelelahan kerja

×
Penulis Utama : Bayu Aji Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015019
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Manajemen Kelelahan Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Kontraktor Coal Hauling di Pt. Tunas Inti Abadi Site Sebamban
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0015019 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.KM, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.