Penulis Utama : Karina Ayu Zuneda Nasution
NIM / NIP : D1615035
×

ABSTRAK

Hubungan Masyarakat atau Public Relations merupakan penghubung dari komunikasi dua arah antara perusahaan / instansi dengan kepentingan masyarakat yang mengalami perkembangan sangat cepat dalam berbagai aspek kehidupan, kegiatan praktisi humas menjadi semakin penting sebagai jembatan antara perusahaan/instansi dengan publiknya melalui kegiatan internal maupun eksternal. Tidak hanya di perusahaan humas juga dibutuhkan di lembaga pemerintahan. Penulis memilih Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media karena menurut menurut penulis divisi hubungan masyarakat Diskominfo Karanganyar mampu meberikan praktek kehumasan pemerintah yang sesungguhnya. Humas pemerintah memiliki karakteristik yang melekat di setiap program / kegiatan pemerintah seperti yang telah dipelajari selama perkuliahan. Dalam menjalankan tugasnya  humas pemerintah dalam menyebarkan informasi kepada publik melalui media cetak maupun media elektronik. Salah satunya yakni melalui press release yang diterbitkan melalui media.  
Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM)  yang bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar, Jl. Lawu No. 385 B Karanganyar telah terlaksana dalam jangka waktu tiga bulan yaitu mulai tanggal 19 Februari 2018 sampai 21 Mei 2018. Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media selaa tiga bulan penulis ditempatkan di Seksi Pengelolaan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika atau Humas. Penulis berkonsentrasi mempelajari press release yang dibuat oleh staff humas Diskominfo Karanganyar setelah melakukan kegiatan peliputan sebagai sarana penyebaran informasi kepada publik dan stakeholder.
Humas Diskominfo Kabupaten Karanganyar sebagai humas Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyebarkan informasi kepada publik salah satunya melalui press release yang kegiatannya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar beserta jajarannya dengan cara diunggah di website resmi Kabupaten Karanganyar (www.karanganyarkab.go.id), website Diskominfo Kabupaten Karanganyar (www.diskominfo.karanagnyarkab.go.id) dan sosial media (facebook, instagram, twitter, youtube, aplikasi android). Press Release yang dibuat oleh humas Diskominfo Kabupaten Karanganyar sebagai corong dari kinerja maupun kegiatan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang disebarluaskan sebagai transparasi kepada publik.  
 
Kata Kunci : humas pemerintah, press release, media, publik.

×
Penulis Utama : Karina Ayu Zuneda Nasution
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615035
Tahun : 2018
Judul : Peran Humas Diskominfo Kabupaten Karanganyar dalam Penyebaran Informasi Publik Melalui Press Release
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS- FISIP Prog. Studi Komunikasi Terapan-D1615035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.