Penulis Utama : Septiana Runingtiyas Ayu Pertiwi
NIM / NIP : E0014372
×

ABSTRAK
Septiana Runingtiyas Ayu Pertiwi. 2018. E0014372. IMPLEMENTASI ASAS AMAN DALAM PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KARANGANYAR. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendiskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama apakah asas aman sudah terwujud dalam pendaftaran tanah pertama kali di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar. Kedua, Apakah peraturan perundang-undangan terkait dengan pendaftaran tanah pertama kali sudah memenuhi asas aman.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sumber data sekunder yang digunakan mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumen, yaitu merupakan teknik pengumpulan data dengan mempelajari, membaca, dan mengkaji buku-buku kepustakaan yang ada hubungannya dengan permasalahan yang diteliti. Beberapa data dimintakan klarifikasi kepada pejabat Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa asas aman dalam pendaftaran pertama kali di Kabupaten Karanganyar belum terwujud, hal ini dapat dilihat dari masih terjadinya sengketa dan konflik pertanahan yang terjadi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar.  Asas aman dalam pendaftaran tanah pertama kali dalam Undang- Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok- Pokok Agraria menggunakan sistem negatif sedangkan Peraturan Pemerintah Republik IndonesiaNomor 24 Tahun 1997tentangPendaftaran Tanah menggunakan sistem positif setelah 5 tahun diterbitkannya sertifikat tanah.

Kata Kunci: Asas Aman, Pendaftaran Tanah Pertama Kali, Sengketa, Konflik

 

×
Penulis Utama : Septiana Runingtiyas Ayu Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014372
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Asas Aman Dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali Di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS_F Hukum-Prodi. Ilmu Hukum-E0014372-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lego Karjoko, S.H, M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.