Penulis Utama : Gatuwari Lesminadi
NIM / NIP : G0111039
×

ABSTRAK

Pemimpin merupakan faktor penting dalam membawa organisasi atau kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama atau sebaliknya runtuh dan terceraiberai. Pemimpin harus mengerti siapa yang dipimpinnya, harus bisa mengayomi dan menjadi teladan bagi para pengikutnya. Masa dewasa ini dimana orang-orang semakin menyadari haknya (human rights) dan menjunjung tinggi humanity, servant leadership muncul sebagai salah satu tipe kepemimpinan favorit dan memiliki karakter-karakter yang dibutuhkan untuk mampu menjawab tantangan kepemimpinan di masa mendatang. Pemimpin dengan penyesuaian sosial yang baik cenderung terdorong untuk mengembangkan servant leadership. Pemimpin yang memiliki interaksi antar anggota di dalam organisasi  lebih baik, menyebarkan pengaruh lebih banyak dan memberikan peluang untuk mengembangkan anggota organisasi menjadi lebih bertumbuh dan berkembang mencapai potensinya.   
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara penyesuaian sosial dengan servant leadership pada alumni program pengembangan kepemimpinan dari Compassion Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data studi populasi. Responden penelitian ini adalah alumni program pengembangan kepemimpinan dari Compassion Indonesia. Metode pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden berisi skala penyesuaian social (reliabilitas 0,891) dan servant leadership (reliabilitas 0,884).  
Dari hasil analisis didapatkan nilai r sebesar 0,699 dan  p-value  0,000 (p <0,050) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara penyesuaian sosial dengan servant leadership. Analisis menunjukkan nilai R2  sebesar 0,488 atau terdapat sumbangan efektif 48,8% pada  servant leadership oleh penyesuaian sosial. Simpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungan signifikan antara penyesuaian sosial dengan servant leadership pada alumni program pengembangan kepemimpinan Compassion Indonesia.  

Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Servant Leadership, Program Pengembangan Kepemimpinan  

 

×
Penulis Utama : Gatuwari Lesminadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111039
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Penyesuaian Sosial dengan Servant Leadership pada Alumni Program Pengembangan Kepemimpinan Compassion Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Psikologi -G0111039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M.Si., Psikolog
2. Rin Widya Agustin, M.Psi, Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.