Penulis Utama : Isna Ayu Resdiana
NIM / NIP : F3115035
×

Abstrak

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penanganan pelunasan piutang ekspor (kasus penundaan pembayaran) di CV Palem Craft Jogja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, yaitu mengambil satu objek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada suatu masalah.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung. Wawancara dilakukan kepada pihak perusahaan yang bersangkutan dengan pokok permasalahan pelunasan piutang ekspor perusahaan. Observasi dilakukan dengan pengamatan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan permasalahan pelunasan piutang ekspor secara langsung yang terjadi di lapangan. Data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV Palem Craft menggunakan teknik pengumpulan piutang yang diterapkan perusahaan untuk proses penagihan piutang ekspor. Keterlambatan proses pelunasan piutang ekspor disebabkan oleh faktor dari buyer dan faktor internal perusahaan. Strategi perusahaan dalam menangani
permasalahan  keterlambatan  pelunasan  piutang  ekspor  dilakukan  agar  piutang yang belum dibayar oleh buyer bisa segera dilunasi dan untuk mencegah terjadi permasalahan yang sama dikemudian hari.

Kata Kunci : Piutang ekspor, Penundaan Pembayaran, CV Palem Craft

×
Penulis Utama : Isna Ayu Resdiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3115035
Tahun : 2018
Judul : Kajian Deskriptif Penanganan Pelunasan Piutang Ekspor (Studi Kasus Penundaan Pembayaran Menggunakan Telegraphic Transfer di CV Palem Craft Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Prog. DIII Manajemen Perdagangan-F3115035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi, S.E.,M.Ec.Dev.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.