Penulis Utama : Anis Susanti
NIM / NIP : D1615006
×

Abstrak

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) merupakan perguruan tinggi  yang tengah bersaing dengan perguruan tinggi lainnya untuk menjadi perguruan tinggi unggulan, terpercaya dan banyak diminati masyarakat, Biro Kerjasama dan Relasi Publik atau biasa disebut Biro IV UKDW sebagai Public Relations (PR) UKDW telah memiliki beberapa aktivitas PR yang nantinya mampu meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan publik terhadap UKDW. Terdapat dua aktivitas PR di Biro IV UKDW yaitu Special Event dan Radio Kampus.

PR sendiri merupakan suatu usaha yang secara  sadar memotivasi agar orang- orang terpengaruh, terutama melalui komunikasi, agar timbul pikiran yang sehat terhadap suatu organisasi, memberi rasa hormat, mendukung dan bertahan dengan berbagai cobaan dan masalah. Tugas PR adalah sinkronisasi antara informasi dari organisasi/perusahaan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling pengertian dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi organisasi/perusahaan dengan publik. Tujuannya adalah menciptakan, mempertahankan, dan melindungi reputasi organisasi/perusahaan. Dalam menggapai tujuan, maka aktivitas PR yang baik sangat dibutuhkan. Aktivitas PR dapat diwujudkan jika terorganisasi dengan baik melalui manajemen PR yang dikelola secara profesional dan dapat dipertanggungjawabkan hasil atau sasarannya, serta hal tersebut harus dimengerti oleh kedua belah pihak. Special event dan siaran radio kampus merupakan dua contoh dari aktivitas PR.

Ketika melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) di UKDW, penulis mendapat ilmu, wawasan, dan pengalaman baru ketika mendapat tugas membantu proses aktivitas PR   yaitu pembuatan special event dan siaran radio kampus. Proses pembuatan special event dan proses siaran radio kampus memiliki beberapa tahapan alur kerja. Sehingga dalam melaksanakan tahapan alur kerja tersebut, penulis juga mendapatkan kendala namun terus mencari solusi.

Penulis menyimpulkan bahwa PR dituntut untuk terus memunculkan ide-ide baru dan bertanggung jawab terhadap aktivitas PR organisasi/perusahaan, sebab aktivitas PR tersebut diharapkan mampu meningkatkan citra/image positif organisasi/perusahaan. Dalam melaksanakan aktivitas PR, Biro IV UKDW telah berusaha semaksimal mungkin, namun sepertinya masih terkendala dengan kurangnya sumber daya manusia.

Keyword : radio, special event, aktivitas public relations

 

×
Penulis Utama : Anis Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1615006
Tahun : 2018
Judul : Aktivitas Public Relations Universitas Kristen Duta Wacana Melalui Special Event dan Radio Kampus
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Prog. DIII Komunikasi Terapan Minat Utama Hubungan Masyarakat-D1615006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.