Penulis Utama : Wigati Listyaningsih
NIM / NIP : R0015101
×

Latar  Belakang  :  Pada  perusahaan   yang  bergerak  di  bidang  petrokimia khususnya PT Pupuk Kujang ini menghasilkan ammonia. Pada pengangkutan ammonia ke tangki kendaraan pengangkut ammonia menimbulkan potensi bahaya seperti kebocoran, peledakan, terpapar ammonia, kebakaran dan   keracunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui keselamatan kerja pada pengangkutan ammonia di AFS (Ammonia Filling Station) PT Pupuk Kujang.

Metode : penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif survei. Dalam penelitian ini yang digunakan dengan memberikan gambaran yang jelas tentang Keselamatan Kerja Pada Pengangkutan Ammonia di AFS (Ammonia Filling Station) PT Pupuk Kujang Cikampek Jawa Barat.

Hasil : Keselamatan kerja pada pengangkutan ammonia di AFS (Ammonia Filling Station) PT Pupuk Kujang yang meliputi pemeriksaan pada saat pengisian ammonia, pemeriksaan tangki ammonia, pemeriksaan kendaraan pengangkut ammonia dan pemeriksaan terhadap pengemudi angkutan ammonia telah sesuai dengan  peraturan  perundang-undangan.  Tetapi  masih  ada  yang  belum  sesuai seperti persyaratan kendaraan yaitu penempatan penempatan APAR yang kurang sesuai.

Simpulan : PT Pupuk Kujang telah menerapkan keselamatan kerja pada pengangkutan  ammonia  di  AFS  (Ammonia  Filling  Station).  Tetapi  ada  yang belum memenuhi yaitu penempatan APAR. Hal ini disesuaikan dengan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK.725/AJ.302/DRJD/2004 tentang Pengangkutan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Jalan

 

×
Penulis Utama : Wigati Listyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015101
Tahun : 2018
Judul : Keselamatan Kerja Pada Pengangkutan Ammonia di AFS (Ammonia Filling Station) PT Pupuk Kujang Cikampek Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-DIII Hiperkes Dan Keselamatan Kerja -R 0015101-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.