Penulis Utama : Tirza Gloria Shella Novi Tri Lestari
NIM / NIP : R0214097
×

Abstrak

Latar Belakang: Stres Kerja merupakan hal yang paling sering terjadi pada pekerja. Dalam menyelesaikan pekerjaan para pekerja tidak dapat terlepas dari stres,  semakin  tuntutan dalam  pekerjaan  bertambah  maka semakin  besar pula kemungkinan seorang pekerja mengalami stres kerja. Selain itu beban kerja dan lingkungan kerja dapat menimbulkan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja fisik dengan stres kerja.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah
30 orang   dan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar isian data, tensi meter digital omron, kuesioner stress kerja GHQ-12. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 30% pekerja mengalami beban kerja fisik agak berat, dan 3,34% pekerja mengalami beban kerja fisik berat, 26,7% pekerja mengalami stres kerja sedang, dan 6,7% pekerja mengalami stres kerja berat. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan antara beban kerja fisik dengan stres kerja (p-value:0,000).

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja fisik dengan stres kerja pada pekerja pembuatan tepung singkong UD. Usaha Jaya Palur Surakarta.

Kata Kunci : Beban Kerja Fisik, Stres Kerja

×
Penulis Utama : Tirza Gloria Shella Novi Tri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214097
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Beban Kerja Fisik dengan Stres Kerja pada Pekerja Pembuatan Tepung Singkong UD. Usaha Jaya Palur Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214097-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.K.M., M.Si.
2. Sarsono, Drs., MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.