Penulis Utama : Fatimah Nur Rohmah
NIM / NIP : R0214036
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Stres kerja merupakan tekanan psikologis yang disebabkan oleh faktor pekerjaan salah satunya adalah beban kerja. Beban kerja dapat berupa beban fisik dan beban mental. Semakin  tinggi  beban  kerja  yang  dibebankan semakin tinggi juga stres yang diakibatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan beban kerja fisik dan beban kerja mental dengan stres kerja pada pekerja bagian Loom unit Weaving PT Kusumahadi Santosa Karanganyar.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan populasi penelitian sebanyak 151 pekerja bagian Loom unit Weaving PT Kusumahadi Santosa Karanganyar. Teknik Sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan  dengan  metode  perhitungan  denyut  nadi  per  menit  dengan  alat tensimeter digital, memberikan kuesioner beban kerja mental dari NASA-TLX, dan kuesioner stres kerja dari HSE. Analisis yang digunakan adalah uji statistik Somers’d untuk uji bivariat dan uji Regresi Logistik untuk uji multivariat.

Hasil : Hasil uji statistik mengenai hubungan beban kerja fisik dengan stres kerja menunjukkan nilai tidak signifikan  yaitu p- value = 0,253. Hasil uji statistik mengenai hubungan beban kerja mental dengan stres kerja menunjukkan nilai signifikan yaitu p- value = 0,037. Oleh karena p- value pada salah satu hasil uji bivariat melebihi 0,25 maka tidak dapat dilakukan uji multivariat antara beban kerja fisik dan beban kerja mental dengan stres kerja.

Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja fisik dengan stres kerja dan terdapat hubungan signifikan antara beban kerja mental dengan stres kerja pada pekerja bagian Loom unit Weaving PT Kusumahadi Santosa Karanganyar.


Kata Kunci: beban kerja fisik, beban kerja mental, stres kerja, bagian Loom
Weaving.

 

×
Penulis Utama : Fatimah Nur Rohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214036
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Beban Kerja Fisik dan Beban Kerja Mental dengan Stres Kerja pada Pekerja Bagian Loom Unit Weaving PT Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja - R0214036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjanarti, S.K.M., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.