Penulis Utama : Ganang Saputro
NIM / NIP : I0114051
×

Penilaian kondisi jalan perlu dilakukan secara periodik untuk mengetahui bagaimana penanganan pemeliharaan jalan yang harus dilakukan oleh pengelola jalan. Sementara itu, penanganan pemeliharaan jalan dilakukan untuk meningkatkan kondisi kemantapan jalan dan harus mengacu pada peraturan yang berlaku. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menilai kondisi fungsional dan struktural perkerasan jalan kabupaten, menganalisa korelasi hubungan kondisi fungsional dan struktural, serta mengidentifikasi, membandingkan, dan merekomendasikan tindakan pengelola jalan dalam peningkatan kondisi kemantapan jalan kabupaten.
Penelitian ini menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) untuk menganalisis kondisi fungsional perkerasan jalan dan metode Structural Number (SN) untuk menganalisis kondisi struktural perkerasan jalan. Untuk mencari hubungan nilai PCI dan SN digunakan korelasi Pearson. Metode wawancara terbuka digunakan untuk mengetahui informasi dari pengelola jalan mengenai tindakan peningkatan kemantapan jalan kabupaten.
Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan kondisi perkerasan jalan secara fungsional dalam kondisi “sempurna” dengan perolehan nilai PCI sebesar 85,056. Kondisi perkerasan jalan secara struktural didapatkan nilai (SNf – SNeff) sebesar -1,6651 (UR = 5); -1,4318 (UR = 10); -1,2715 (UR = 15); dan -1,1412 (UR = 20). Dengan demikian kondisi perkerasan jalan masih mampu melayani beban lalu lintas yang diprediksi sampai dengan umur rencana. Hasil perhitungan korelasi nilai PCI dan SN didapatkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,5864 yang menunjukkan kategori tingkat hubungan sedang. Tindakan peningkatan kemantapan jalan kabupaten yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri adalah pendataan kondisi ruas jalan setiap tahunnya; perencanaan pemeliharaan kondisi jalan sekali dalam setahun; melakukan pemeliharaan rutin atau berkala; melakukan pengendalian, pengawasan, dan evaluasi setiap pekerjaan pemeliharaan; memprioritaskan terlebih dahulu jalan mana yang diadakan peningkatan kemantapan; penggunaan parit galian tanah dalam penanganan drainase; pelaksanaan pemeliharaan mengacu pada spesifikasi; dan kerja sama dengan Dinas Perhubungan dalam pengawasan muatan yang berlebih. Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonogiri sudah melaksanakan peningkatan kemantapan jalan kabupaten sesuai dengan peraturan yang ada.

×
Penulis Utama : Ganang Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114051
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Kemantapan Jalan Menggunakan Nilai Kondisi Fungsional dan Struktural pada Jalan Kabupaten (Studi Kasus: Jalan Pokoh-Klerong Kabupaten Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0114051-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Florentina Pungky P, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.