Penulis Utama : Ferdi Kurniawan
NIM / NIP : I0114048
×

ABSTRAK

Kemantapan jalan merupakan unsur yang harus ada dalam setiap konstruksi jalan. Tindakan pemerintah untuk meningkatkan kemantapan jalan belum didasarkan pada nilai kondisi fungsional maupun nilai struktural jalan. Jalan provinsi PalurKaranganyar dan Karanganyar-Tawangmangu-Kalisoro memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi sehingga menyebabkan jalan tersebut rentan terhadap terjadinya kerusakan dalam waktu yang relatif singkat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menilai kondisi jalan secara fungsional dan struktural, menganalisis korelasi antara Pavement Condition Index (PCI) dan Structural Number (SN), serta mengidentifikasi, membandingkan dan merekomendasikan tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan jalan provinsi yang ada pada Kabupaten Karanganyar oleh pihak penyelenggara. 

Metode yang digunakan untuk menilai kondisi fungsional jalan adalah metode Pavement Condition Index (PCI) dan untuk menilai kondisi struktural menggunakan nilai Structural Number (SN). Selanjutnya, korelasi antara PCI dan SN dianalisis dengan menggunakan diagram tebar (scatter diagram). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara kepada instansi terkait. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruas jalan provinsi Palur-Karanganyar memilki nilai PCI sebesar 90,82 dan 94,35 (Good) untuk setiap sisi dan ruas Karanganyar-Tawangmangu-Kalisoro memiliki nilai PCI sebesar 70,13 (Satisfactory). Ruas Palur-Karanganyar memiliki nilai SN sebesar 3,54 dan 3,58 untuk setiap sisi dan ruas Karanganyar-Tawangmangu-Kalisoro memilki nilai SN sebesar 3,31. Kondisi struktural pada ruas jalan Palur-Karanganyar diprediksi mampu melayani lalu lintas sampai dengan umur rencana 5 tahun dan ruas jalan Karanganyar-Tawangmangu-Kalisoro hanya mampu melayani lalu lintas kurang dari 5 tahun. Korelasi PCI dan SN pada ruas jalan Palur-Karanganyar adalah lemah karena memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,49 dan 0,09 sedangkan ruas Karanganyar-Tawangmangu-Kalisoro berkorelasi kuat karena memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,83. Tindakan yang dilakukan pihak penyelenggara jalan provinsi untuk meningkatkan kemantapan jalan yaitu memilih penggunaan agregat dan bahan-bahan yang berkualitas, mengawasi pelaksanaan pekerjaan, mengusulkan paket khusus untuk drainase dan membuatnya dengan precast, melakukan pemeliharaan rutin terhadap drainase, melakukan pemeliharaan rutin ataupun berkala setiap ruas jalan dan melakukan pembatasan muatan kendaraan yang akan melewati ruas tertentu. 

Kata Kunci:  Pavement Condition Index (PCI), Structural Number (SN), perkerasan lentur,  jalan provinsi,  kemantapan jalan

×
Penulis Utama : Ferdi Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114048
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Kemantapan Jalan menggunakan Nilai Kondisi dan Struktural Pada Jalan Provinsi di Kabupaten Karanganyar (Studi Kasus : Ruas Jalan Palur – Karanganyar; Karanganyar – Tawangmangu – Kalisoro)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Studi Teknik Sipil-I0114048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, MSc, PhD
2. Dr. Florentina Pungky P, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.