Penulis Utama : Dwi Ariyanti
NIM / NIP : D1216019
×

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Instagram terbanyak, dan 36% pengguna layanan Instagram berasal dari kalangan usia 18-34 (https://jasaallsosmed.co.id/services/instagram/comments). Instagram selain digunakan untuk media komunikasi, juga banyak digunakan untuk media bisnis. Salah satunya adalah akun @butik_nayako yang berjualan pakaian melalui Instagram. Butik Nayako memiliki kurang lebih 29,000 followers. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya toko online yang bermunculan, apa yang membuat akun @butik_nayako dipercaya oleh followers sehingga mampu mendorong minat beli followers ? Melalui penelitian ini, penulis membahas bagaimana media sosial Instagram dapat membentuk kesadaran dan minat beli audiens dan faktor apa yang mendasarinya.
    Penelitian ini menggunakan teori Hierarchy of Effect untuk menganalisis tahapan dari efek komunikasi produk, meliputi tahapan kognitif, afektif, dan konatif yang dapat mewakili adanya tahapan yang harus dilalui oleh seorang konsumen mulai dari pertama kali menyadari keberadaan suatu produk atau jasa sampai pada proses membeli. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan metode observasi, wawancara owner dan 5 followers @butik_nayako, serta dokumentasi postingan foto selama dua bulan. Penelitian dilakukan selama dua bulan, dimulai pada 15 Juni hingga 15 Agustus 2018. Data-data yang diperoleh, akan dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman Punch.
    Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan menjadi 4 hal, yaitu 1) bahwa penyampaian pesan yang berisi informasi produk, efektif untuk meningkatkan kesadaran followers, 2) gaya komunikasi owner yang ramah dan fast response turut mendorong minat beli pada akun Butik Nayako, 3) detail foto yang jelas juga mempengaruhi minat beli followers, dan 4) kualitas produk juga berpengaruh pada minat beli followers.

 

×
Penulis Utama : Dwi Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216019
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Instagram Dalam Membentuk Kesadaran Dan Minat Beli (Studi pada Akun Media Sosial Instagram Online Fashion Shop @butik_nayako Periode 15 Juni 2018 – 15 Agustus 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D 1216019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 6. Drs. Ignatius Agung Satyawan, S.E., S.Ikom., M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.