Penulis Utama : Yuliana Duwi Kusuma Wardhani
NIM / NIP : R0015105
×

Latar Belakang : Berdasarkan data Oil and Gas Producers (OGP) dari 80 perusahaan terjadi 15 kematian di perusahaan dan 65 kematian pada kontraktor akibat insiden. PT Pupuk Kujang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan memiliki potensi bahaya tinggi yang menerapkan CSMS sebagai kontrol, audit, monitoring dan evaluasi terhadap kinerja kontraktor untuk mengelola keselamatan kontraktor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan CSMS di PT Pupuk Kujang Cikampek. 

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan CSMS di PT Pupuk Kujang Cikampek. 

Hasil : PT Pupuk Kujang Cikampek menerapkan CSMS untuk meyakinkan bahwa kontraktor memberikan perlindungan keselamatan kerja kepada karyawan, peralatan, tingkat risiko kecelakaan kerja, fasilitas operasi dan lingkungan. Unit keja yang terlibat dalam CSMS yaitu unit peminta barang/jasa, unit pengadaan barang/jasa dan  petugas K3. Penerapan CSMS mengacu pada PS-PK-K3LH-26. Penerapan ke enam tahap CSMS yaitu identifikasi dan penilaian risiko, prakualifikasi, seleksi, aktivitas awal pekerjaan, penilaian selama pekerjaan berlangsung dan penilaian akhir pekerjaan. Dalam  tahap pra-kualifikasi terdapat pelanggaran yaitu sebelum dinyatakan lolos pada tahap penilaian pra-kualifikasi, sudah ditetapkan kontraktor lokal sebagai pemenang tendernya. 

Simpulan : PT Pupuk Kujang telah menerapkan CSMS tetapi masih diperlukan perbaikan agar sesuai dengan PS-PK-K3LH-26. Perbaikan dilakukan pada tahap pra-kualifikasi karena terjadi pelanggaran yaitu sebelum dinyatakan lolos pada tahap tahap penilaian pra-kualifikasi, sudah ditetapkan kontraktor lokal sebagai pemenang tendernya. 

Kata kunci: Contractor Safety Management System(CSMS)

×
Penulis Utama : Yuliana Duwi Kusuma Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015105
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Penerapan Contractor Safety Management System (Csms) di Pt Pupuk Kujang Cikampek Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Studi D.III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R00151052018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Cr. Siti Utari, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.