Penulis Utama : Bonaventura Ian Pradipta
NIM / NIP : M3114030
×

Cerita rakyat adalah sarana untuk menanamkan pesan moral yang baik kepada anak-anak. Cerita rakyat juga merupakan lambang atau ciri khas dari sebuah daerah, karena itu indonesia yang terkenal dengan beragam suku dan ras memiliki banyak cerita rakyat dari masing masing daerah, masing-masing suku dan ras. Cerita rakyat juga identik dengan warisan budaya daerah yang diwariskan turun temurun secara lisan maupun tulisan. Setiap cerita yang disampaikan dapat menjadi tuntunan maupun aturan bermasyarakat, yang ingin disampaikan oleh para leluhur.
Animasi adalah media visual yang berupa video dan film animasi. Dengan media animasi penyampaian cerita rakyat dapat lebih menarik dikalangan masyarakat. Masyarakat dapat lebih mudah memahami cerita yang disampaikan melalui media visual serta mengambil nilai nilai pesan moral yang ingin disampaikan dari cerita rakyat itu.
    Film animasi 2 Dimensi ini berjudul “Perjuangan Jaka Tingkir” dengan spesifikasi ekstensi H.264 Blu-ray  (.M4v), resolusi video 1920x 1080, frame rate 29,97 fps, Audio Sample rate 48 kHz, dengan Audio Chanel Stereo . Film animasi ini dibuat menggunakan beberapa software diataranya Corel draw untuk membuat beberapa gambar vector. Software Moho berfungsi untuk membuat gerakan animasi. Software Adobe Audition berfungsi untuk merekam atau mengambil suara dubber dan mengedit audio. Software Adobe Premiere berfungsi untuk mengedit dan penggabungan antara audio dan video. Serta software Adobe After Effect sebagai finalisasi untuk membuat animasi.
Sebuah film animasi 2 Dimensi yang berjudul “Perjuangan Jaka Tingkir ” karya Bonaventura Ian. Film animasi ini diharapkan dapat menjadi media pengenalan dan hiburan cerita rakyat dari Boyolali, Jawa Tengah dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak.

 

×
Penulis Utama : Bonaventura Ian Pradipta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3114030
Tahun : 2018
Judul : Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi “Perjuangan Jaka Tingkir”
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2018
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA-Prodi DIII Teknik Informatika-M3114030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiqurrahman NH,S.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.