Penulis Utama : Annisaa Nurfitria
NIM / NIP : K5112006
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film animasi terhadap kemampuan memahami cerita pada anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB-C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-C Setya Darma Surakarta. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau menggunakan seluruh populasi kelas sebagai sampel. Subjek penelitian berjumlah sepuluh siswa tunagrahita ringan kelas VI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Validasi instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yang diukur oleh ahli yang berkompeten di bidang tersebut. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik non parametrik (Wilcoxon Sign Rank Test) dengan aplikasi SPSS 23.
Nilai tes kemampuan memahami cerita anak tunagrahita ringan kelas VI SLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan. Pada pretest, mean sebesar 46,70, setelah diberikan perlakuan nilai rata – rata menjadi sebesar 72,70. Pada analisis data menggunakan analisis Wilcoxon Sign Rank Test dengan menggunakan aplikasi olah data SPSS versi 23 menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,005 yang berada di bawah taraf signifikan (?) yang ditentukan yaitu 0,05 (5%). Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media film animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami cerita anak tunagrahita ringan kelas VI SLB-C Setya Darma Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : media film animasi, memahami cerita, anak tunagrahita

×
Penulis Utama : Annisaa Nurfitria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112006
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi terhadap Kemampuan Memahami Cerita pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB-C Setya Darma Surakarta Tahun 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Prod Pendidikan Luar biasa-K5112006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.,
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.