Penulis Utama : Albert Niko Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412004
Tahun : 2018
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan media film animasi dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend. Sejarah-K4412004-2018
Subyek : FILM ANIMASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan media film animasi dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017; (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan media film animasi dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPA I SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan teknik siklus, dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 38 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan media film animasi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor keaktifan belajar siswa pada pra siklus yaitu 68,5% , pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 71,5%. Pada siklus II rata-rata hasil dari indikator keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 81,7% (2). Model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan media film animasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, pada pra siklus prestasi belajar siswa  rata-rata sebesar 70,66 , kemudian pada siklus I prestasi belajar siswa rata-rata menjadi 72,28 , pada siklus kedua prestasi belajar siswa rata-rata menjadi 81.
Berdasarkan  hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe student facillitator and explaining dengan media film animasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar 2016/2017.

Kata kunci : student facillitator and explaining, media film animasi,keaktifan belajar, prestasi belajar

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202001291153441013.jpg
bab 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
bab III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S, M.Pd
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP