Penulis Utama : Chaedar Afan Firoza
NIM / NIP : K4411018
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Cilacap melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cilacap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan               analisis interaktif. Keaktifan belajar siswa yang diukur adalah (1) aktivitas visual, (2) aktivitas lisan, dan (3) aktivitas menulis. Keaktifan belajar siswa diamati oleh observer, sedangkan prestasi belajar siswa diukur menggunakan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar sejarah. Hal ini terbukti dan dapat dilihat dari persentase keaktifan dan persentase prestasi belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata keaktifan siswa sebesar 60,6%, persentase prestasi belajar siswa sebesar 45,2% dengan nilai rata-rata kelas 67,7. Pada siklus 1 rata-rata keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 71,0%, persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 77,4% dengan nilai rata-rata kelas 76,0. Pada siklus 2 rata-rata keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 77,0%, sedangkan persentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 90,3% dengan nilai rata-rata kelas 79,0. Indikator tingkat keberhasilan diukur berdasarkan standar nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMA Negeri 1 Cilacap sebesar 75%. Hasil analisis data penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cilacap tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci:    Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Shre, Keaktifan dan Prestasi Belajar Sejarah

 

×
Penulis Utama : Chaedar Afan Firoza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411018
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cilacap Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sejarah-K4411018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuni, M. Pd.,
2. Isawati, S. Pd., MA.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.