Penulis Utama : Eko Dwi Rahayu
NIM / NIP : F3315023
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi yang sesuai dengan teori serta untuk mengetahui bagaimana perencanaan laba untuk tahun 2018 menggunakan analisis biaya-volume-laba di UD Haris Elektronik.
Penelitian ini diselesaikan dengan menggunakan teori analisis biaya-volume-laba dan analisis lain seperti, contribution margin analysis, break even point analysis, margin of safety analysis, serta analisis-analisis lain yang masih terkait dengan analisis biaya-volume-laba.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga pokok produksi UD Haris Elektronik mengalami peningkatan setelah dilakukan evaluasi perhitungan harga pokok produksi. Dari analisis biaya-volume-laba dapat diketahui penjualan minimum yang harus dicapai untuk memperoleh laba yang ditargetkan di tahun 2018.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah belum adanya perencanaan laba yang baik dan masih terdapat kesalahan dalam perhitungan harga pokok produksi di perusahaan, yang disebabkan oleh minimnya ilmu pengetahuan manajemen oleh pelaku usaha.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada UD Haris Elektronik untuk menerapkan perhitungan harga pokok produksi yang benar sesuai dengan teori dan kebutuhan praktek. Perusahaan sebaiknya juga melakukan perencanaan laba menggunakan alat bantu berupa analisis biaya-volume-laba agar memiliki pedoman dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Kata Kunci: Harga Pokok Produksi, Perencanaan Laba, Analisis Biaya-Volume-Laba

 

×
Penulis Utama : Eko Dwi Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3315023
Tahun : 2018
Judul : Evaluasi Perhitungan Hpp dan Penerapan Analisis Biaya-Volume-Laba untuk Perencanaan Laba Jangka Pendek pada Ud Haris Elektronik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi DIII Akuntansi - F3315023 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Trisninik Ratih W, SE., M.Si, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.