Penulis Utama : Riska Ayudya Widowati
NIM / NIP : B3215043
×


ABSTRAK
    Tugas Akhir ini mengkaji tentang Daya Tarik Wisata Kawasan Kota Tua Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daya Tarik Wisata dan Karakteristik masing-masing zona di Kawasan Kota Tua.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan observasi dan wawancara yang dilakukan langsung di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, serta studi pustaka dengan cara mengumpulkan buku-buku dan data yang berkaitan dengan tema penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai Daya Tarik Wisata dan Karakteristik di 5 zona Kawasan Kota Tua yaitu, Pelabuhan Sunda Kelapa (zona 1), Taman Fatahillah (zona 2), Perkampungan China (zona 3), Perkampungan Arab (zona 4), Glodok Pusat Bisnis Kota (zona 5).
Kesimpulannya adalah Kawasan Kota Tua memiliki potensi daya tarik wisata, baik potensi fisik maupun non fisik. Potensi fisik dapat dilihat dengan adanya koleksi peninggalan sejarah seperti Meriam Si Jaguar dan bangunan-bangunan peninggalan Belanda, sedangkan potensi daya tarik wisata non fisik di Kawasan Kota Tua Jakarta yaitu terdapat beberapa event pertunjukan wayang kulit di Museum Wayang, Perayaan Cap Go Meh di Pecinan, terdapat beberapa komunitas yaitu Komunitas Manusia Batu (patung), Komunitas Sepeda Onthel, Komunitas Seni Kerajinan (lukis). Karakteristik yang dimiliki 5 zona di Kawasan Kota Tua Jakarta yaitu dibedakan menurut aspek lingkungan fisik, kehidupan sosial budaya, dan etnis pada setiap zona yang ada. Zona 1 merupakan zona dengan kehidupan bahari yang melekat erat di kehidupan sehari-hari masyarakat Sunda Kelapa. Zona 2 merupakan Kawasan Pusat Kota Lama yang memiliki karakter yaitu kota lama dengan jumlah bangunan tua terbanyak diantara zona lainnya. Zona 3 merupakan Kawasan Pecinan karakter zona ini menyesuaikan komunitas masyarakat yang berada di sekitar zona tersebut yaitu beretnis China. Zona 4 merupakan Kawasan Perkampungan Multietnis karena di wilayah ini terdapat beberapa etnis yaitu Arab dan China yang hidup harmonis dalam satu wilayah. Zona 5 merupakan pusat bisnis kota yaitu tempat untuk wisata belanja bagi wisatawan yang akan membeli oleh-oleh ataupun souvenir.

Kata kunci    : Daya Tarik Wisata, Zona, Kota Tua Jakarta.

 

×
Penulis Utama : Riska Ayudya Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215043
Tahun : 2018
Judul : Daya Tarik Wisata Kawasan Kota Tua Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS- F. Ilmu Budaya, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata- B3215043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.