Penulis Utama : Pawestri Kristyarini
NIM / NIP : D1515074
×

PT.  Batik  Danar  Hadi  merupakan  salah  satu  perusahaan  yang  bergerak  di bidang penjualan batik. Di PT Batik Danar Hadi terdapat 2 (dua) sistem penjualan ekspor, yaitu sistem penjualan ekspor secara umum dan sistem penjualan ekspor kepada buyer JAS.
Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penjualan ekspor PT. Batik Danar Hadi Surakarta. Dengan menggunakan jenis deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi tentang  apa  yang  sebenarnya  terjadi.Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen.
Berdasarkan hasil pengamatan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Sistem
Penjualan Ekspor PT Batik Danar Hadi Surakarta dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu sistem penjualan  ekspor secara umum dan sistem penjualan ekspor kepada buyer JAS. Sistem penjualan ekspor secara umum terdiri dari: penawaran dan order, produksi, quality control/ seleksi, finishing dan packing, dan pengiriman. Sedangkan sistem penjualan ekspor kepada buyer JAS terdiri dari: kirim sample, audit, order, approve sample, tes produk, produksi masal, quality control/ seleksi, , finishing dan packing, dan pengiriman. Dalam sistem penjualan ekspor secara umum ditemukan beberapa hambatan, antara lain: koneksi internet yang lambat sehingga dapat menghambat  proses  penawaran  kepada  buyer,  cuaca  yang  tidak  mendukung  saat proses pengeringan kain, pengiriman bahan baku dari supplier bahan baku terlambat. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalam sistem penjualan ekspor kepada buyer JAS adalah apabila terjadi keterlambatan pengiriman maka pihak perusahaan terkena denda 1 (satu) hari sebesar 1?ri jumlah invoice.
Dari hambatan-hambatan yang dihadapi, penulis dapat memberikan saran untuk menambah 1 (satu) router lagi agar kecepatan internet bertambah dan proses penawaran serta komunikasi dengan buyer dapat berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : Sistem penjualan, Ekspor, Batik Danar Hadi.

 

×
Penulis Utama : Pawestri Kristyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515074
Tahun : 2018
Judul : Sistem Penjualan Ekspor PT Batik Danar Hadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi- D1515074-2018
Kata Kunci : Sistem penjualan, Ekspor, Batik Danar Hadi.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.