Penulis Utama : Restika Utami
NIM / NIP : D1515076
×

Sistem pengapalan barang mempermudah eksportir dalam melakukan proses pengiriman barang ke negara tujuan. PT Batik Danar Hadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri tekstil. Dalam kaitannya dengan kegiatan ekspor PT Batik Danar Hadi hanya mengekspor kain batik yang dikirim ke luar  negeri melalui laut sehingga perlu adanya sistem pengapalan yang baik. Visibility Management System (VMS) merupakan sistem berbasis online yang digunakan PT Batik Danar Hadi dalam melakukan pengapalan barang. Visibility Management System (VMS) merupakan sistem  yang digunakan untuk  booking kapal dengan data yang sudah pasti. Pengamatan dalam Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Pengapalan Barang Melalui Visibility Management System di PT Batik Danar Hadi Surakarta karena PT Batik Danar Hadi merupakan salah satu eksportir yang melaksanakan sistem pengapalan barang ekspor.
Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan pelaksanaan sistem pengapalan barang ekspor melalui Visibility Management System di PT Batik Danar Hadi Surakarta. Sumber data yang diperoleh berdasarkan dari wawancara (informasi), peristiwa atau aktivitas, serta dokumen dan arsip. Tektik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa sistem pengapalan barang ekspor di PT Batik Danar Hadi Surakarta sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya Visibility Management System yang berbasis onine dapat mempermudah proses booking kapal dengan data yang valid sehingga Visibility Management System dapat menjamin pengiriman barang ekspor dengan data yang jelas.
Kata Kunci : Sistem, Pengapalan, Ekspor, Visibility Management System.

 

×
Penulis Utama : Restika Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515076
Tahun : 2018
Judul : Sistem Pengapalan Barang Ekspor Melalui Visibility Management System (Vms) di PT Batik Danar Hadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi DIII Manajemen Administrasi- D1515076-2018
Kata Kunci : Sistem, Pengapalan, Ekspor, Visibility Management System.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB, M.Ed, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.