Penulis Utama : Leo Saputra
NIM / NIP : S881608003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) potensi obyek wisata Danau Lait di kecamatan Tayan Hilir sebagai kawasan pariwisata, 2) modal sosial dan pengaruh terhadap masyarakat Tayan Hilir di kawasan wisata Danau Lait, 3) bentuk – bentuk partisipasi masyarakat Tayan Hilir terhadap pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di Danau Lait, 4) pengembangan wisata Danau Lait berbasis masyarakat dik kecamatan Tayan Hilir dan 5) Implementasi penelitian di dalam pembelajaran geografi di SMA N 1 Tayan Hilir. 

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling jumlah sampel 24 jiwa, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi dengan teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Potensi yang ada di wisata Danau Lait atraksi : Pulau Ambos, Songe, Penyoak, Nyetnyet, Lambung dan Pohon Tungal, aksesbilitas menuju Danau Lait dapat ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan seperti sepeda motor dan amanitas : penginapan, toilet umum dan beberapa tempat sampah.2) modal sosial segi jaringan antara masyarakat dengan pemerintah terciptannya kelompok sadar wisata (pokdarwis), kepercayaan di wisata Danau Lait cukup tinggi hal ini dibuktikannya saling percayanya antara masyarakat dengan pihak desa dan sebaliknya, serta norma dan nilai di wisata Danau Lait sangat di junjung tinggi oleh masyarakat dan pengunjung wisata Danau Lait hal ini sejalan dengan hukum adat dayak Banyuke yang dimusyawarahkan secara bersama – sama. 3) penjaga pintu masuk, petugas parkir, petugas keamanan Danau, kerja bakti, usaha rumah makan dan kios kecil-kecilan yang menjual makanan dan minuman ringan, 4) bedasarkan analisis SWOT titik potong (0,25:0,30) pada kuadran 1 yang artinya Danau Lait dalam kondisi prima dan dapat terus dikembangkan. 5) Implementasi dikembangkan dengan Modul atau bahan ajar siswa/I SMA kelas XI pada materi Kearifan Lokal dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam.

×
Penulis Utama : Leo Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881608003
Tahun : 2018
Judul : Analisis Modal Sosial Desa Subah dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Danau Lait Kecamatan Tayan Hilir
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S881608003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.