Penulis Utama : Komala Indumukha
NIM / NIP : D1216033
×

Hubungan romantis diketahui dari rasa cinta yang muncul pada perilaku kedua belah individu. Namun faktanya, fenomena pacaran tidak luput dari bentuk kekerasan  yang  merugikan  salah  satu  individu.  Nilai  Self  Respect  diyakini memiliki peran dalam bentuk pencegahan fenomena kekerasan dalam hubungan romantis. Media online helpnona memberi informasi mengenai self respect pada artikelnya khususnya pada rubrik Info Nona.Artikel yang menjadi objek penelitian merupakan  sebuah  karangan  yang  memiliki  maksud  dan  tujuan.  Berdasarkan tujuan umum dari sebuah karangan dibuat, penulis mengelompokan wacana yang muncul yakni mengenai konsep Self Respect, cara berpikir Self Respect, dan tindakan Self Respect.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan representasi dari self respect, yang ditulis oleh tim media online helpnona.com periode Maret-Agustus 2018 sebagai bentuk pencegahan kekerasan dalam hubungan romantis.
Peneliti menggunakan teori analisis wacana M.A.K Halliday untuk menganalisis wacana mengenai self respect pada rubrik Info Nona media online helpnona.com   yang   terdiri   dari   tiga   unsur.   Ketiga   unsur   tersebut   yaitu; medan/field (hal yang sedang terjadi atau dibicarakan pada teks), pelibat/tenor (orang-orang  yang  terlibat  pada  teks  tersebut),  dan  sarana/mode  (merupakan bagian yang diperankan oleh bahasa).
Hasil penelitiannya dari wacana yang muncul ialah penulis artikel media online helpnona.com mempresentasikan self respect secara konsep sebagai pikiran diri  untuk  mempertimbangkan  segala sesuatu  secara  rasional  dan  emosi  yang seimbang, serta penulis juga mempresentasikan self respect sebagai nilai yang dapat  digunakan  untuk  melihat  kebutuhan  orang  lain.  Dilihat  dari  segi  cara berpikir terhadap self respect, penulis menemukan bahwa tim helpnona mempresentasikan self respect sebagai nilai penting yang dimiliki oleh individu. Sedangkan dari segi tindakan self respect, tim helpnona mempresentasikan nilai self respect di dalam diri sebagai upaya untuk menghentikan fenomena kekerasan dalam pacaran. Adapun tindakan self respect antara lain seperti kekuatan untuk mencintai diri sendiri, memanfaatkan waktu luang, dan menolak peer pressure.

 

×
Penulis Utama : Komala Indumukha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216033
Tahun : 2018
Judul : Representasi Self Respect dalam Media Online Helpnona.Com sebagai Bentuk Pencegahan Kekerasan dalam Hubungan Romantis
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1216033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.