Penulis Utama : Nur Salasah Baiturrohmah
NIM / NIP : R0214073
×

Abstrak

Latar  Belakang:  Terminal Tirtonadi adalah perusahaan  jasa transportasi untuk mengangkut dan menurunkan penumpang bus. Selama bekerja, para pekerja yang terpapar gas karbon monoksida (CO) dapat menyebabkan gangguan manusia seperti kelelahan kerja dan tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gas karbon monoksida (CO) terhadap kelelahan kerja dan tekanan darah pada pekerja yang bekerja di terminal Tirtonadi.

Metode:  Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelit ian  observasional  analitik dengan menggunakan cross sectional. Populasi pekerja di terminal adalah 240 pekerja.  Menggunakan  metode  simple  random  sampling  untuk  menentukan sampel minimal. Mereka terdiri dari 80 pekerja pembersih, pengatur lalu lintas, petugas   keamanan.   Pengukuran   Karbon   Monoksida   dengan   CO   meter, pengukuran kelelahan kerja  dengan reaction  timer,  pengukuran tekanan darah dengan tensi meter oleh ahli medis. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa karbon monoksida memiliki korelasi dengan kelelahan kerja sebagaimana ditunjukkan oleh p-value = 0,002. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa paparan gas CO memiliki korelasi dengan tekanan darah sistole seperti yang ditunjukkan oleh p-value = 0,034 dan teknanan darah disatole seperti yang ditunjukkan oleh p-value = 0,048.

Kesimpulan: Paparan gas CO memiliki korelasi dengan kelelahan kerja dan tekanan darah para pekerja di Terminal Tirtonadi.

Kata Kunci : Gas Karbon Monoksida (CO), Kelelahan Pekerjaan, Tekanan Darah
 

×
Penulis Utama : Nur Salasah Baiturrohmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214073
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Paparan Gas Karbon Monoksida terhadap Tekanan Darah dan Kelelahan Kerja pada Pekerja di Terminal Tirtonadi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214073-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati dr., M.Kes.
2. Iwan Suryadi,SKM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.