Penulis Utama : Yosia Kristia Nugroho
NIM / NIP : F0114093
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh variabel pendapatan, usia, jumlah tanggungan keluarga dan pendidikan terhadap saldo tabungan emas nasabah PT. Pegadaian (Persero) Wilayah Kerja Cokronegaran Kota Surakarta, dan 2) untuk mengetahui variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap saldo tabungan emas nasabah PT. Pegadaian (Persero) Wilayah Kerja Cokronegaran Kota Surakarta.
Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data  primer  dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 90 nasabah tabungan emas pegadaian dengan teknik Random Sampling dan diolah dengan menggunakan program software eviews 9.0. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan metode Ordinary Least Square.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) pendapatan, usia, jumlah tanggungan keluarga dan pendidikan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap besarnya jumlah saldo yang diperoleh nasabah tabungan emas pegadaian
cokronegaran. Secara parsial, pendapatan, usia, jumlah tanggungan keluarga, dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap besarnya saldo tabungan emas pegadaian, 2) dari keempat variabel bebas dalam penelitian ini yang mempunyai pengaruh  paling  dominan  terhadap  variabel  saldo  tabungan  emas  pegadaian adalah pendapatan dengan t-hitung tertinggi sebesar 11,17245 dengan taraf signifikansi sebesar 0,0000.
Berdasarkan kesimpulan yang didapat dari penelitian ini disarankan PT. Pegadaian (Persero) lebih banyak melakukan sosialisasi dan promosi mengenai produk  tabungan  emas,  sehingga  kontinuitas  menabung  emas  dapat  berjalan dengan baik sehingga diharapkan jumlah saldo yang diperoleh dapat meningkat.

Kata kunci : pendapatan, usia, jumlah tanggungan keluarga, pendidikan, saldo tabungan emas pegadaian

 

×
Penulis Utama : Yosia Kristia Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114093
Tahun : 2018
Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Berinvestasi melalui Tabungan Emas Pegadaian Tahun 2018 (Studi Kasuspada Pegadaianwilayah Kerjacokronegaran Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prog. Studi Ekonomi Pembangunan - F0114093-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.