Penulis Utama : Agung Tri Atmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115002
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Strategi Memasyarakatkan Potensi dan Informasi Situs Manusia Purba Sangiran oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Administrasi Negaral- D1115002-2018
Subyek : IMPLEMENTASI STRATEGI, SITUS SANGIRAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Masyarakat yang mendiami Situs Sangiran memiliki potensi berupa sumber daya alam yang masih banyak belum digarap serta sumber daya manusia yang melimpah yang belum di manfaatkan secara optimal. Informasi yang terkandung pada Situs Sangiran agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas maka perlu diadakannya penyebarluasan informasi. Maka dari pada itu dengan adanya potensi dan nilai yang terkandung pada Situs Sangiran BPSMP Sangiran menyusun strategi memasyarakatkan potensi dan informasi situs manusia purba sangiran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Strategi Pemanfaatan potensi dan informasi Situs manusia purba Sangiran. Penelitian ini mengambil lokasi di Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMP Sangiran). Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil peneletian menunjukan Program-program yang dilakukan oleh BPSMP Sangiran dalam mengimplementasikan starategi memasyarakatkan potensi dan informasi Situs Manusia Purba Sangiran ada tiga yaitu : 1) Program pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan pelatihan pemandu lokal, pelatihan pembuatan souvenir berbahan limbah kayu, pelatihan pengelolaan homestay, dan pelatihan gejog lesung; 2) Program penyebarluasan informasi dengan kegiatan sosialisasi, pameran/pameran keliling, bioskop keliling, dan lomba melukis dan karya tulis; 3) Memperbaharui isi informasi sesuai dengan perkembangan terkini dengan mengupdate artikel pada situs web. Anggaran berasal dari APBN, pengalokasian anggaran dilakukan peraktifitas yang ada pada setiap kegiatan. prosedur pelaksanaannya adalah SOP untuk program pemberdayaan masyarakat, kegiatan sosialisasi, dan kegiatan pameran sudah ada SOPnya sedangkan kegiatan bioskop keliling, update artikel di web, serta lomba karya tulis dan mewarnai belum ada SOPnya.
Kata kunci : Implementasi Strategi, Situs Sangiran

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Scan_10.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Setyowati, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa