Penulis Utama : Kiki Rahayu Prasasti
NIM / NIP : E0014223
×

ABSTRAK
Kiki Rahayu Prasasti. 2018. E0014223. PERLINDUNGAN KONSUMEN PASAR TRADISIONAL TERHADAP MAKANAN YANG MENGANDUNG BAHAN TAMBAHAN PANGAN BERBAHAYA (STUDI KASUS DI PASAR TRADISIONAL KABUPATEN KARANGANYAR). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendesripsikan dan mengkaji dua pokok permasalahan, pertama Apakah konsumen pasar tradisional Kebupaten Karanganyar sudah mendapatkan perlindungan hukum dari pemerintah kabupaten karanganyar terhadap pengawasan produk makanan yang mengandung BTP berbahaya?  Kedua, Apakah pemerintah Kabupaten Karanganyar sudah melakukan pemenuhan hak-hak dasar konsumen berdasarkan undang-undang terkait, khususnya terhadap makanan yang mengandung BTP berbahaya di Kabupaten Karanganyar? Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Data yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau studi dokumen, selanjutnya teknis analisis yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan mengenai pengawasan yang dilakukan oleh dinas kesehatan Karanganyar serta hak dasar perlindungan konsumen berdasarkan Hak Atas Keamanan dan Keselamatan Konsumen pasar tradisional terkait makanan yang mengandung BTP berbahaya. Akan tetapi, masih banyak ditemukan makanan yang mengandung BTP berbahaya yang beredar di pasar tradisional. Hal ini membuktikan bahwa permasalahan beredarnya makanan yang mengandung BTP berbahaya tersebut perlu diperhatikan untuk menjamin perlindungan hukum terhadap konsumen pasar tradisional
Kata Kunci : Hak Dasar, Perlindungan Konsumen, Pasar Tradisional, Bahan Tambahan Pangan

 

×
Penulis Utama : Kiki Rahayu Prasasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014223
Tahun : 2018
Judul : Perlindungan Konsumen Pasar Tradisional Terhadap Makanan Yang Mengandung Bahan Tambahan Pangan Berbahaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum-Prog-Ilmu Hukum-E0014223-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pius Triwahyudi, S.H., M.Si
2. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.