Penulis Utama : Anindya Aulia Widyari
NIM / NIP : D0214011
×

ABSTRAK

Saat ini perkembangan teknologi terjadi dengan sangat cepat. Terutama teknologi komunikasi yang semakin canggih dan serba mudah. Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi ini ditandai dengan munculnya smartphone atau telepon pintar. Dengan smartphone segala informasi mulai dari teks, gambar, suara, angka, maupun audio visual dapat diakses dengan mudah dan cepat. Emotikon yang bermula dari penggabungan simbol-simbol yang mampu mewakili perasaan atau emosi dari pengirim pesan, kini telah berkembang menjadi sticker, seperti yang terdapat dalam aplikasi LINE. Pelajar menggunakan aplikasi LINE dengan pola penggunaan LINE yang berbeda dan didorong oleh motif berupa kebutuhan sosial dan psikologis mereka. Pola penggunaan sticker LINE yang berbeda dan motif yang berbeda akan menimbulkan efek tingkat kepuasan yang berbeda pula pada masing-masing penggunanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motif penggunaan sticker LINE dengan pola penggunaannya dan untuk mengetahui hubungan antara pola penggunaan sticker LINE dengan kepuasan penggunanya yaitu kalangan pelajar. Studi ini menggunakan pendekatan Uses and Gratification model Katz, Blumler, dan Gurevitch. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dengan rumus Slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 162 responden dari populasi sebanyak 272 orang. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode korelasi Tata Jenjang Spearman. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Surakarta dengan sampel siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta.
Setelah dilakukan penghitungan jawaban responden yang diperoleh dari kuesioner, hubungan antara motif penggunaan sticker LINE dan pola penggunaan sticker LINE diperoleh nilai rs sebesar 0,467 yang berarti mempunyai hubungan sedang. Sedangkan dalam analisis hubungan antara pola penggunaan sticker LINE dengan kepuasan penggunaan sticker LINE diperoleh nilai rs sebesar 0,487 yang berarti mempunyai hubungan sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kepuasan penggunaan sticker LINE oleh siswa tidak selalu bergantung pada pola penggunaannya.


Kata kunci: new media, uses and gratification, motif penggunaan sticker LINE, pola penggunaan sticker LINE, kepuasan penggunaan sticker LINE

 

×
Penulis Utama : Anindya Aulia Widyari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214011
Tahun : 2018
Judul : Kajian New Media Motif, Pola Penggunaan Sticker Line, dan Kepuasan Pengguna di Kalangan Pelajar (Studi Korelasi Motif, Pola Penggunaan Sticker LINE Sebagai Media Komunikasi, dan Kepuasan Pengguna di Kalangan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0214011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra Wijaya, S.Sos, M.Ikom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.