Penulis Utama : Khoirul Amin
NIM / NIP : K5413039
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) potensi yang ada pada obyek wisata Waduk Mulur sebagai obyek tujuan wisata; (2) arah pengembangan potensi obyek wisata Waduk Mulur sebagai obyek tujuan wisata.
Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  wisatawan  yang mengunjungi Waduk Mulur. Sampel yang digunakan adalah sebagian wisatawan yang mengunjungi Waduk  Mulur  dengan  teknik  accidental  sampling.  Pengumpulan  data  dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data dilaksanakan dengan teknik eksternal auditor dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan untuk mengukur potensi wisata menggunakan pengukuran menurut Dephut (1993) dengan modifikasi sedangkan untuk penentuan arahan pengembangan wisata  menggunakan  analisis  SWOT  dan  eksternal  auditor  dengan  mengacu  pada Dinas Pariwisata serta Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011-2031.
Hasil penelitian sebagai berikut ini: (1) Potensi obyek wisata Waduk Mulur termasuk pada kategori “sedang”. Obyek wisata Waduk Mulur memiliki keanekaragaman daya tarik obyek wisata unik dengan skala regional namun memiliki faktor penghambat dari segi aksesibilitas dan sarana pokok maupun pelengkap. (2) Pengembangan obyek wisata Waduk Mulur perlu dilakukan usaha pengembangan dari segi atraksi, akomodasi, amenitas, dan ancillary. Pengembangan yang perlu dilakukan adalah   pengembangan   daya   tarik,   pengembangan   kawasan   konservasi   waduk, penataan ruang, perbaikan aksesibilitas dan pengembangan fasilitas publik, pengembangan   fasilitas   sarana   pokok   maupun   pelengkap   serta   pembentukan organisasi  masyarakat  POKDARWIS  yang  memiliki  peran  dalam  pengembangan obyek wisata. Obyek wisata Waduk Mulur memiliki nilai kekuatan dan peluang yang lebih besar dibandingkan nilai kelemahan dan ancaman, hal ini mengisyaratkan perlu dilakukan pengembangan di waktu mendatang.

×
Penulis Utama : Khoirul Amin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413039
Tahun : 2018
Judul : Analisis Potensi Pariwisata Waduk Mulur Dan Arah Pengembangannya Tahun 2017 (Sebagai Bahan Pengayaan Pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, Pariwisata Sesuai Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan, Kelas XI SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.