Penulis Utama : Elfin Oktavianingrum Gunawan Putri
NIM / NIP : R0214031
×

ABSTRAK

Elfin Oktavianingrum Gunawan Putri, R0214031, 2018. Hubungan Stres Kerja dengan Kualitas Tidur pada Perawat Bagian Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Seluruh tenaga kerja di rumah sakit memiliki risiko stress namun para perawat lebih memiliki risiko yang tinggi terhadap stres. Stres kerja apabila tidak dikendalikan akan menyebabkan gangguan tidur yang berakibat menurunnya kualitas tidur seseorang. Perawat yang mengalami stres dan kualitas tidur yang buruk akan cenderung lebih banyak melakukan kesalahan saat bekerja dan itu dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres kerja dengan kualitas tidur.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian berjumlah 48 perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, pengambilan sampel memakai random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistic Spearman.

Hasil: Hasi penelitian berdasarkan uji spearman didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja dengan kualitas tidur dimana nilai p value = 0,009 (<0,05) sedangkan nilai korelasinya adalah r = -0,373 dengan arah korelasi negatif yang artinya terdapat hubungan yang lemah antara stres kerja dan kualitas tidur, dimana semakin tinggi stres kerja maka semakin rendah kualitas tidur yang didapatkan.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja dengan kualitas tidur pada perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Kata Kunci : Stres kerja, kualitas tidur, perawat.

×
Penulis Utama : Elfin Oktavianingrum Gunawan Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214031
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Stres Kerja Dengan Kualitas Tidur Pada Perawat Bagian Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan Dan Kesehatan Kerja-R.0214031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK.,
2. Siti Rachmawati, S.ST., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.