Penulis Utama : Rosid Adi Nugroho
NIM / NIP : K4614080
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N Bumi I Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N Bumi I Surakarta yang berjumlah 30 peserta didik. Sumber data berasal dari guru, peserta didik, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus, dari jumlah 30 peserta didik tuntas sebanyak 8 (26,66%), dan belum tuntas sebanyak 22 (73,33%). Kemudian hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan peningkatan, yaitu tuntas sebanyak 22 (73,33%), dan belum tuntas sebanyak 8 (26,66%). Pada siklus II peningkatan hasil belajar peserta didik adalah tuntas sebanyak 27 (90%), dan belum tuntas sebanyak 3 (10%).
Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah sepak bola pada peserta didik kelas V SD N Bumi I Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci : passing bawah sepak bola , hasil belajar, alat bantu
pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Rosid Adi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614080
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Sepak Bola Pada Peserta Didik Kelas V Sd N Bumi I Surakarta Tahun Ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - F. IKIP, Jur. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi- K4614080- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.