Penulis Utama : Arif Afrianto
NIM / NIP : K1514016
×

Abstrak

Tujuan penelitian adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh serbuk kaca sebagai pengganti sebagian pasir dengan variasi yang berbeda-beda terhadap kuat tekan paving block. (2) Untuk mengetahui berapakah persentase optimal penambahan serbuk kaca sebagai pengganti sebagian pasir untuk mencapai kuat tekan maksimal paving block. (3) .Menghasilkan suplemen bahan ajar yang digunakan pada mata kuliah teknologi beton.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Bentuk sampel dari paving block yaitu balok dengan dimensi 20 cm x 10 cm x 6 cm, jumlah sampel sebanyak 25 paving block. Variabel yang mempengaruhi dalam penelitian ini adalah (1) variabel terikat: kuat tekan (2) variabel bebas: persentase filler serbuk kaca sebagai pengganti sebagian agregat halus dengan variasi 0,  0,5,1, 1,5, dan 2 dari volume 1 Pasir.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) Ada pengaruh filler serbuk kaca sebagai penggantian agregat halus terhadap kuat tekan paving block . (2) Pengaruh filler Serbuk kaca sebagai penggantian agregat halus terhadap kuat tekan paving block ini tidak didapatkan kuat tekan paving block yang maksimum, karena hasil penelitian kuat tekan selalu mengalami kenaikan dengan adanya penambahan serbuk kaca. Dari berbagai variasi sudah memenuhi persyaratan SNI-03-0691-1996 tentang paving block. Kuat tekan rata rata maksimal yang diperoleh yaitu variasi 5 (1 Pc : 4 Ps : 2 K) sebesar 22,48 Mpa. (3) Dari penelitian ini dijadikan suplemen bahan ajar pada mata kuliah teknologi beton.

Kata Kunci : paving block, kuat tekan,serbuk kaca

×
Penulis Utama : Arif Afrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514016
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Filler Serbuk Kaca sebagai Pengganti Sebagian Agregat Halus Terhadap Kuat Tekan Paving Block (Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Mata Kuliah Teknologi Beton)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukatiman, S.T, M.Si.
2. Sri Agustin, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.